Mira Amahorseya


Mira Amahorseya lahir di Jakarta pada 6 Juni 1963. Tanggal kelahiran yang kebetulan sama dengan penggagas Sarinah berdiri, yaitu Bung Karno. Dia bergabung di PT Sarinah (Persero) sejak 1991 dan berhasil menduduki posisi tertinggi di perusahaan tersebut pada 26 Juli 2012.

Mira hanya menduduki jabatan tersebut selama dua tahun. Pada 13 Agustus 2014, Menteri BUMN kala itu, Dahlan Iskan, menunjuk Ira Puspa Dewi sebagai Direktur Utama PT Sarinah (Persero), menggantikan Mira. (Proses wawancara untuk buku ini dilakukan pada saat Mira Amahorseya masih menjabat sebagai Dirut Sarinah—Red.).

Sebelum berkarier di Sarinah, Mira memulai karier di sebuah kantor hukum di Jakarta. Setelah mendapatkan gelar Sarjana Hukum dari Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta, pada 1988, Mira bekerja di bidang hukum. Dia sempat menjadi Junior Lawyer di Gani Djemat & Partners Law Firm, selama kurang lebih setahun. “Ternyata saya kurang cocok menjadi Lawyer,” aku perempuan keturunan Minahasa-Maluku ini. Mira melihat sistem hukum Indonesia yang carut-marut membuatnya sulit untuk menjadi penegak hukum sesuai dengan nuraninya.

Dia kemudian bertolak ke AS, mengikuti beberapa pendidikan singkat di State University of New York Buffalo. Pada 1991, Mira kembali ke Jakarta dan bergabung dengan Sarinah sebagai Kepala Bagian Sekretariat Perusahaan. Kemudian dia mendapatkan beberapa kali promosi, sampai tahun 2001 menjadi Direktur Operasional dan tahun 2009 menjadi Direktur Pengembangan Usaha Sarinah. Sempat menjadi Direktur Utama PT Sariarthamas Hotel Internasional (Sari Pan Pacific Hotel), sebelum menempati posisi Direktur Utama PT Sarinah.

 

Beberapa kutipan Mira Amahorseya pada buku Perempuan Pemimpin:

“Saya pegang prinsip, saya ada di perusahaan ini untuk bekerja, tulus”

“Komunikasi yang tulus, supel, luwes, dan mampu membawa diri adalah hal penting saat bekerja, terutama di lingkungan BUMN”

 

Silakan kunjungi halaman Perempuan Pemimpin untuk melihat Sinopsis
Buku Perempuan Pemimpin dapat dibeli online di QB Bookstore
Scroll To Top