Nurhayati Subakat


Nurhayati Subakat, Founder dan CEO PT Paragon Technology Innovation yang dulu bernama PT Pustaka Tradisi, lahir di Padang, Sumatra Barat, 27 Juli 1950. Dia merupakan anak keempat dari delapan bersaudara yang terlahir dari keluarga pedagang berdarah Minang.

Keinginan untuk memiliki bisnis sendiri makin membuncah ketika dia berkuliah di Fakultas Farmasi Institut Teknologi Bandung (ITB). Dia mengaku inspirasi untuk berbisnis datang dari sang ibu, yang memang rajin mendorong anak-anaknya, terutama yang perempuan, untuk memiliki bisnis sendiri. “Menurut ibu, perempuan yang memiliki anak lebih baik berbisnis. Sehingga bisa mengatur waktu kerja secara fleksibel agar tetap fokus mengurusi keluarga,” kata Nurhayati, mengutip nasihat ibundanya.

Nurhayati akhirnya memilih memproduksi sampo yang diproduksi dengan skala rumahan. Hanya dengan satu pekerja, yakni asisten rumah tangganya, Nurhayati mulai memproduksi sampo dengan merek Putri, pada 1985. Oleh karena tak memiliki pengalaman marketing, masyarakat enggan menggunakan produk tersebut. Nurhayati menggagas strategi pemasaran door to door, dijajakan dari rumah ke rumah. Tetapi, hasilnya tidak memuaskan. Hingga akhirnya Nurhayati mulai menjajakan sampo dalam botol-botol besar dari salon ke salon.

Sepuluh tahun setelah Nurhayati memulai bisnis perawatan rambut bermerek Putri, pada 1995, dia memutuskan masuk ke bisnis kosmetik dekoratif seperti bedak, lipstik, dan lotion yang kemudian diberi merek Wardah.

Saat ini PT Paragon Technology Innovation memiliki empat pabrik di wilayah Tangerang. Kini, Nurhayati merupakan ibu dan pemimpin bagi 7.500 karyawan yang tersebar di seluruh Indonesia. Kepemimpinan berkembang dengan bergabungnya dua anak tertua pasangan Nurhayati-Subakat di jajaran direksi. Secara resmi, bisnis yang telah berjalan 31 tahun ini memasuki tahap peralihan kepemimpinan ke generasi kedua.

Nurhayati kini lebih banyak berbagi pengalaman dan memberi motivasi bagi pengusaha skala UKM, selain aktif di berbagai kegiatan sosial. Meski demikian, dia tetap fokus di kegiatan Research and Development (R&D) agar perusahaannya bisa terus merilis produk baru dan berkualitas, untuk mengimbangi keberhasilan sektor marketing.

 

Beberapa kutipan dari Nurhayati Subakat pada buku Perempuan Pemimpin:

“Saya percaya bahwa semakin banyak uang didapat, maka saya dan keluarga akan bisa membantu makin banyak orang”

“Saya hanya berpegang pada 5P, yakni great product, great price, good promotion, good place, dan pertolongan dari Allah”

 

Silakan kunjungi halaman Perempuan Pemimpin untuk melihat Sinopsis
Buku Perempuan Pemimpin dapat dibeli online di QB Bookstore
Scroll To Top