Suzy Hutomo


Bersama suami tercinta Hutomo Santoso, Suzy Hutomo merintis The Body Shop Indonesia dengan menggunakan payung hukum PT Monica Hijau Lestari, pada 1992. Suzy, yang lebih senang menyebut diri sebagai aktivis lingkungan ini, mengaku bisnisnya tidak begitu saja berjalan dengan mudah.

Dia membutuhkan dua hingga tiga tahun untuk mengembangkan The Body Shop di Indonesia. Banyak orang memperkirakan bisnis ini bakal gagal karena penampilan produk tidak keren, hanya menggunakan reuse bottle berwarna hijau.

Mudah dipahami mengapa perempuan kelahiran 1960 ini sangat menikmati kesibukannya sebagai CEO The Body Shop Indonesia, sebuah merek dan jaringan toko perlengkapan perawatan tubuh asal Inggris yang concern pada isu lingkungan dan perempuan. Sebab, sejak kecil, Suzy sudah dekat dengan alam.

 

Beberapa kutipan dari Suzy Hutomo pada buku perempuan pemimpin:

“Percuma sebuah perusahaan berkembang, tetapi organisasinya berjalan di tempat. Semakin besar perusahaan, semakin banyak membutuhkan orang-orang berkualitas.”

“Seorang pemimpin harus kreatif, memiliki people skill, hangat, dan kasual. Hal itu kemudian saya terapkan dalam menjalankan bisnis ritel selama 20 tahun”

“Dari pembelajaran saya selama ini melahirkan empat nilai yang kemudian saya terapkan di The Body Shop Indonesia, yakni CIPI yang mewakili singkatan Courage (keberanian), Innovation (inovasi), Passion (hasrat), dan Integrity (integritas)”

 

Silakan kunjungi halaman Perempuan Pemimpin untuk melihat Sinopsis
Buku Perempuan Pemimpin dapat dibeli online di QB Bookstore

 

Scroll To Top