Pada 2010, Betti melembagakan sumbang upayanya dalam ikut serta menumbuhkan kepemimpinan di Tanah Air dalam QB Leadership Center. Unit bisnis ini bertujuan ikut menumbuhkan pemimpin-pemimpin baru yang handal dan berintegritas–khususnya di perusahaan-perusahaan—melalui pendekatan berbagi pengalaman dari pemimpin yang sudah teruji dan terbukti berhasil. QB Leadership adalah divisi dari PT Quantum Business International yang didirikan Betti Alisjahbana pada 2008.

Berikut adalah lebih lengkap tentang kami:

Selepas berkarir 24 tahun di IBM–dengan delapan tahun tahun terakhir menjabat CEO IBM Indonesia–Betti Alisjahbana rutin diundang berbagai perusahaan untuk pelatihan dan berbagi pengalaman seputar sukses berkarir, manajemen dan kepemimpinan. Dari pengalaman tersebut, terlihat nyata bahwa salah satu kelemahan utama Indonesia (termasuk di perusahaan-perusahaannya) adalah leadership.

Pada 2010, Betti melembagakan sumbang upayanya dalam ikut serta menumbuhkan kepemimpinan di Tanah Air dalam QB Leadership Center. Unit bisnis ini bertujuan ikut menumbuhkan pemimpin-pemimpin baru yang handal dan berintegritas–khususnya di perusahaan-perusahaan—melalui pendekatan berbagi pengalaman dari pemimpin yang sudah teruji dan terbukti berhasil. QB Leadership adalah divisi dari PT Quantum Business International yang didirikan Betti Alisjahbana pada 2008.

 

METODOLOGI

Pendekatan QB Leadership Center adalah “Learn Leadership from the Leaders”, yakni belajar dari best practice, inspirasi, dan terutama pengalaman pemimpin yang telah terbukti berhasil. Kami meyakini, kepemimpinan sebetulnya hanya dapat dikembangkan dari dalam diri sendiri, distimulasi inspirasi, dipelajari melalui contoh-contoh serta diuji dalam praktek sehari-hari. Kegiatan dan pelatihan yang diselenggaraka QB Leadership Center menghadirkan pemimpin-pemimpin yang memiliki track record baik, kompeten dan berintegritas.

 


kegiatan-kegiatan QB Leadership Center meliputi:

 

LEADERSHIP SERIES

Leadership Series menfasilitasi calon pemimpin di berbagai perusahaan, lembaga pemerintah dan organisasi untuk dapat bertemu, belajar dan terinspirasi oleh seorang tokoh pemimpin yang dikenal berintegritas dan sudah terbukti berhasil. Kegiatan berbentuk seminar/talk show ini bekerjasamana dengan majalah Warta Ekonomi.

Pemimpin yang pernah sharing pengalaman di forum ini, di antaranya Teddy P. Rachmat, Dahlan Iskan, Gita Wirjawan, Mari Pagestu, Arifin Panigoro, Chairul Tandjung, SandiagaUno, Fadel Muhammad, Handry Satriago, Zulkifli Zaini, Rinaldi Firmansyah, Karen Agustiawan, Hasnul Suhaimi, Purwa Caraka, Yani Panigoro, Irawati Setiady, Suzy Hutomo, Iim Fahima, Martha Tilaar, dan Stanley Atmadja. Lebih jauh tentang LEADERSHIP SERIES

 

WORKSHOP LEADERSHIP FOR NEW MANAGERS BY BETTI ALISJAHBANA

Workshop Leadership for New Managers by Betti Alisjahbana dilatari keluhan para CEO menyangkut kegagalan profesional cemerlang pada umumnya dalam bertransformasi menjadi manager handal. Pelatihan selama 2 hari penuh ini bertujuan mempersiapkan para manager melakukan transisi yang mulus dari kehidupan profesional menjadi pemimpin tim yang efektif.

Saat ini, training tersebut telah dilakukan 35 kali (baik untuk umum maupun internal perusahaan) dan telah diikuti, secara total, sekitar 800 manager dari berbagai perusahaan, institusi dan organisasi.

Leadership for New managers saat ini telah berubah nama menjadi Becoming An Effective Leader and Managers. 

 

WORKSHOP THE SENIOR LEADERS PROGRAM

Workshop 4 hari The Senior Leaders Program bertujuan mempersiapkan para manager senior, vice president dan setingkat itu untuk menerima tanggungjawab yang lebih besar dan luas, misalnya menjadi jajaran direksi perusahaan.

Workshop membantu para manajer senior bertransformasi dari sifat Specialist menjadi Generalist, dari pendekatan Tactician menjadi Strategist, serta dari kebiasaan Problem Solver menjadi Agenda Setter. Pelatihan diinspirasi training Senior Leaders yang biasanya harus diambil di luar negeri, seperti “Leadership for Senior Executives” yang diadakan Harvard Business School.

Saat ini, training ini telah dilaksanakan 6 kali dan diikuti, secara total, sekitar 80 senior manager dan direksi dari berbagai perusahaan. Workshop dipandu oleh Betti Alisjahbana bersama Brata Taruna Hardjosubroto, yang juga lama berkarir di IBM dan kemudian menjabat President Director IndosatIM2. Lebih jauh tentang THE SENIOR LEADERS PROGRAM

 

IN-HOUSE TRAINING

Selain program yang terbuka untuk umum, QB Leadership Center juga melayani kebutuhan training internal perusahaan/institusi. Materi dan program yang diberikan disesuaikan dengan kebutuhan pengundang. Untuk informasi lebih lanjut tentang program ini, silakan menghubungi Muhammad Reza di +62 21 797 2204 .

 

QB HEADLINES

Guna membantu para pemimpin dan profesional memperoleh informasi terkini dan terpenting, QB Leadership Center setiap pagi, Senin sampai Sabtu, menerbitkan QB Headlines. Layanan gratis ini berisi ringkasan dari berita utama 10 surat kabar cetak terkemuka di Tanah Air: Harian Kompas, Koran Tempo, Republika, Bisnis Indonesia, Harian Kontan, The Jakarta Post, Jakarta Globe, Media Indonesia, Koran Sindo serta Indo Pos.

QB Headlines tampil dalam 2 bentuk layanan, yakni halaman situs dan newsletter yang dikirim langsung setiap pagi melalui e-mail.

Betti Alisjahbana adalah satu dari sedikit pemimpin yang komit meluangkan waktu dan tenaga untuk menularkan ilmu dan pengalaman kepemimpinannya kepada generasi pemimpin berikutnya. Ia menformalkan komitmen tersebut dengan pendirian QB Leadership Center pada 2010. Di sela kesibukan di berbagai perusahaan, lembaga pemerintahan dan organisasi; ia meluangkan waktu untuk memberikan workshop leadership, menjadi mentor serta memberikan jasa konsultasi.

Lulus dari jurusan Arsitektur ITB, Betti memulai karir panjangnya di IBM pada 1984 sebagai management trainee. Karirnya terus menanjak hingga menggapai berbagai posisi kepemimpinan–baik di Indonesia maupun wilayah ASEAN–hingga mencapai puncak sebagai CEO IBM Indonesia antara 2000-2008. Betti Alisjahbana adalah perempuan pertama di wilayah Asia Pasifik yang berhasil memegang jabatan Country General Manager.

Selama berkarir di IBM, Betti mengikuti banyak pelatihan dan wokrshop manajemen serta kepemimpinan; di antaranya di Amerika Serikat, Jepang, dan Australia. Ia juga mendapat beberapa penghargaan penting seperti Country General Manager Excellence Award IBM 2000 serta Leadership Honour Roll IBM 2003. Tahun 2007, majalah Globe Asia memilihnya masuk daftar 99 Wanita Paling Berpengaruh di Indonesia.

Setelah 24 tahun berkarir di perusahaan mutinasional tersebut, ia memutuskan memulai bisnisnya sendiri. Pada 2008, Betti mendirikan PT Quantum Business International, yang bergerak di sektor properti (QB Townhouse), furniture (QB Furniture) dan teknologi informasi (QB IT Services). Perusahaan ini kemudian berkembang memasuki bidang leadership (QB Leadership Center) dan industri kreatif (QB Youth).

Pengalaman yang panjang dan berjenjang dalam bisnis dan bidang teknologi informasi membawa Betti pada berbagai posisi penasehat, baik di pemerintahan, swasta maupun sosial. Saat ini, berbagai posisi yang dipegangnya adalah:

  • Ketua Majelis Wali Amanat ITB
  • Komisaris PT Anabatic Technologies
  • Komisaris PT Bhinneka Mentari Dimensi (bhinneka.com)
  • Komisaris PT Sigma Cipta Caraka (Telkom Sigma)
  • Komisrais Utama PT Quantum Business International

Sementara itu, jabatan-jabatan lain yang pernah dipegang nya:

  • Ketua (Pjs) Dewan Riset Nasional
  • Ketua Umum Asosiasi Open Source Indonesia
  • Ketua Komite Tetap Bidang Perangkat Lunak Kamar dagang dan Industri (KADIN)
  • Sekretaris Jenderal Ikatan Alumni ITB
  • Anggota Dewan Inovasi Nasional
  • Komisaris PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk
  • Anggota Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK 2015-2019

Sejak di IBM, Betti terkenal memiliki perhatian yang besar soal Good Corporate Governance dan Good Corporate Citizen. Sejak 2004, IBM Indonesia mendapatkan Penghargaan Wajib Pajak Patuh setiap tahun. Selain itu, Betti menjadi Ketua Dewan Juri pada perhelatan Bung Hatta Anti Corruption Award; yakni pada 2003, 2004, 2008, 2010 dan 2013.

Pada tahun 2013, Betti mendapat 3 buah penghargaan: Satyalancana Wira Karya dari Presiden RI, Ganesa Wira Adi Utama dari Institut Teknologi Bandung, dan Indi Women Award “Kartini 2.0” dari PT Telekomunikasi Indonesia Tbk.

Becoming An Effective Leader and Manager

Workshop leadership ini membantu para manajer untuk bertransformasi menjadi pemimpin tim yang efektif, berkinerja tinggi serta berintegritas.

Apa keunikan workshop Becoming An Effective Leader and Manager (BELM)?

  • Workshop menggunakan pendekatan yang sangat praktikal dimana peserta banyak mendapat sharingpengalaman, tanya-jawab, serta latihan.
  • Mentor adalah pemimpin berpengalaman, yang pernah menaiki jenjang karir sejak management traineehingga menjadi CEO perusahaan multinasional.

InHouse Training

QB Leadership Center juga melayani kebutuhan training internal perusahaan/institusi. Materi dan program yang diberikan disesuaikan dengan kebutuhan pengundang.

Untuk informasi lebih lanjut tentang program ini, silakan menghubungi Muhammad Reza di +62 21 797 2204 atau kontak@qb-leadership.com

Berikut adalah list In House Training yang pernah kami lakukan :

Inspiring Speech

QB Leadership Center juga memberikan Inspiring Speech di internal perusahaan atau institusi. Materi yang disampaikan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Inspiring Speech oleh Betti Alisjahbana dan QB Leadership Center, silakan menghubungi saudara Muhammad Reza di +62-21-7972204 atau kontak@qb-leadership.com

Sebagai referensi, berikut daftar Inspiring Speech yang telah diberikan.

CONSULTING

QB leadership Center juga memberikan layanan konsultasi terkait pengembangan Sumber Daya Manusia bagi instansi/perusahaan, seperti:

  1. Coaching/Mentoring
  2. Pendampingan Employee Talent Management
  3. Pendampingan Succession Management
  4. dan lain-lain.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Consulting oleh QB Leadership Center, silakan menghubungi saudara Muhammad Reza di +62-21-7972204 atau kontak@qb-leadership.com