5 Tips for Investing in Yourself and the Benefits 29 July 2020 – Posted in: Bagi Pengalaman, Ide, Inspirasi, Tips – Tags: , , , , , ,

By: Betti Alisjahbana

Ketika berinvestasi, secara sadar kita mengalokasikan sumber daya yang terbatas yang ada dalam kontrol kita seperti waktu, uang, dan tenaga untuk diinvestasikan dengan harapan yang jelas bahwa suatu saat investasi ini akan memberikan hasil positif yang diharapkan.

Beberapa investasi memberikan hasil sesuai harapan, ada juga yang mengecewakan. Ada yang hasilnya bisa segera didapat, ada juga yang makan waktu cukup lama sebelum kita bisa melihat hasilnya. Beberapa investasi kita lakukan dengan pertimbangan hati-hati, sementara beberapa yang lain kita putuskan tanpa pikir panjang.

Saya perpendapat, hasil investasi terbesar dan terpenting akan kita peroleh ketika kita melakukan investasi pada diri sendiri. Apakah investasi pada diri sendiri itu? Mengapa begitu penting? Hasil investasi apa yang bisa didapat?

Cara terbaik untuk mencapai kualitas hidup yang lebih baik, menjadi lebih sukses, produktif dan lebih memuaskan adalah memberikan prioritas pada pertumbuhan personal dan professional. Upaya untuk secara konsisten pada diri sendiri memainkan peranan besar pada kualitas hidup sekarang dan dimasa yang akan datang.

1. Mulai dengan melakukan perubahan yang dibutuhkan

Investasi pada diri sendiri adalah mengalokasikan waktu, tenaga dan uang untuk pertumbuhan dan perkembangan diri. Mengembangkan diri dari dalam keluar dengan penekanan pada ketrampilan hidup yang mempengaruhi semangat, sikap, kebiasaan dan tingkah laku yang pada akhirnya membentuk karakter dan menentukan nasib kita.

Fokus investasi pada diri sendiri ada pada keinginan untuk melakukan perubahan sebelum bisa mencapai hasil yang diinginkan. Sering kali orang ingin mendapat kan hasil yang lebih baik tanpa mau mulai dengan melakukan perubahan pada diri sendiri.

Bagaimana kita akan bisa mendapatkan posisi yang lebih tinggi dengan tanggung jawab lebih besar bila kita tidak menjadi orang yang bertanggung jawab? Bagaimana kekayaan kita akan tumbuh pesat kalau kita tidah membangun kebiasaan untuk menyisihkan sebagian dari penghasilan untuk investasi? Bagaimana kita bisa mempunyai arah yang jelas dalam hidup ini kalau kita tidak terlebih dulu memahami nilai-nilai yang kita anut dan apa yang kita anggap penting?

Investasi pada diri dimulai dengan keinginan yang kuat untuk melakukan perubahan.

2. Mengembangkan Pengetahuan dan Ketrampilan

Saat ini kita hidup di era perubahan yang terjadi semakin lama semakin cepat. Kita harus terus mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan agar terus relevan. Kita perlu belajar dari berbagai sumber, buku, video, podcast, mentor, coach, rekan kerja. Jangan tunggu diberi tugas oleh perusahaan. Ambil tanggung jawab dan inisiatif untuk terus belajar, baik hard skills maupun softskills.

Mengembangkan Pengetahuan dan Ketrampilan

Di dalam pekerjaan dikenal formula 70-20-10. Formula yang dikembangkan oleh Morgan McCall, Robert Eichinger dan Michael Lombardo pada Center for Creative Leadership menyampaikan bahwa secara rata-rata 70% pembelajaran seseorang di pekerjaan adalah internal dan berbasis pengalaman, 20% berasal dari interaksi dengan sejawat pegawai dan 10 % dari training formal dan membaca.

2. Mengembangkan Pengetahuan dan Ketrampilan

Manfaatkan semua sumber pembelajaran tersebut, upayakan Anda berinisiatif untuk mencoba penugasan-penugasan baru agar pengalaman Anda lebih lengkap. Dan disetiap tugas buat terobosan-terobosan, coba pendekatan baru, pastikan Anda menghasilkan perbedaan yang positif.

3. Kembangkan sisi kreatif Anda

Pada setiap diri kita terdapat mata air kreativitas yang belum digali dan belum dimanfaatkan hingga potensi tertingginya. Kita perlu menggali dan mengasah kreativitas kita.
Kreativitas dalam berbagai bentuk membantu kita tumbuh secara personal dan professional. Untuk melihat suatu masalah dan solusi dengan cara yang berbeda. Pilih aktivitas yang belum pernah dicoba, atau tidak dilakukan sejak beberapa tahun, atau sesuatu yang belum digali secara penuh.

            • Belajar bahasa baru – bisa menggunakan belajar bahasa menggungakan software
            • Belajar masak resep-resep baru
            • Menulis
            • Mengekporasi dunia luar : berkebun, memotret keindahan alam
            • Menikmati music
            • Membuat kreasi seni

4. Merawat Pikiran

Pikiran Anda adalah seperti magnet yang akan menarik hal-hal yang Anda pikirkan. Apabila Anda memikirkan dan mensyukuri berkah yang Anda dapatkan, maka Anda akan menarik lebih banyak berkah. Bila Anda memikirkan masalah-masalah, maka Anda akan menarik lebih banyak masalah untuk datang.

Rangkaian keberhasilan dimulai dengan apa yang kita pikirkan dan apa yang kita percaya. Yang kemudian diterjemahkan pada apa yang kita ucapkan dan lakukan, sehingga menghasilkan sesuatu yang sesuai dengan apa yang kita pikirkan tadi.

Karenanya Anda perlu terus menumbuhkan pikiran-pikiran yang baik dan terus positif dan optimis

5. Merawat Badan

Apabila dirawat dengan baik badan kita akan memberikan kinerja yang baik untuk waktu yang lama. Aturan dasarnya adalah sbb :

            • Berikan asupan yang berkualitas baik, yaitu makanan yang sehat dengan gizi yang seimbang. Apa yang Anda makan mempengaruhi energi dan kemampuan untuk berkinerja baik. Anda adalah apa yang Anda makan.
            • Beristirahat dengan cukup. Jangan memforsir tubuh Anda. Tidur cukup, alokasikan waktu untuk relax dan berekreasi.
            • Berolah raga secara teratur, setiap hari 30 menit bila memungkinkan
            • Lakukan general check-up secara teratur, dan tindak lanjuti hasilnya.
            • Rawat penampilan luar juga : potongan rambut, perawatan kulit, pakaian yang serasi yang membuat Anda merasa percaya diri dan menarik.

Sebelum mau berinvestasi tentunya kita perlu yakin bahwa investasi ini akan berhasil. Beberapa manfaat investasi pada diri sendiri diantaranya rasa percaya diri yang lebih tinggi dan membantu menemukan potensi-potensi dan bakat-bakat yang sebelumnya tersembunyi sehingga kita dapat mewujudkan mimpi. dan cita-cita. Rasa percaya diri ini juga membantu menimbulkan perasaan aman sehingga dapat menghadapi berbagai tantangan betapapun beratnya.

Butuh keberanian untuk melakukan interospeksi dan melihat perbaikan-perbaikan apa yang perlu dilakukan. Biasanya tidak mudah untuk menerima kritik baik dari diri sendiri maupun dari orang lain. Akan tetapi bila kita tidak menyadari dan mengakui bahwa ada area-area tertentu dalam diri kita yang perlu perbaikan dan ada ketrampilan-ketrampilan penting yang belum kita kuasai, maka sedikitpun kita tidak akan berubah.

Jadi, ketika kita merencanakan portofolio investasi, yakinkan bahwa kita mengalokasikan sebagian dari waktu, tenaga dan uang untuk melakukan investasi pada diri sendiri. Dari semua keputusan untuk berinvestasi yang bisa kita buat, investasi pada diri sendiri akan menghasilkan hasil terbesar dan terpenting yang bisa kita harapkan.
Selamat berinvestasi pada diri sendiri.

 

Salam hangat penuh semangat